Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata alam ini? Cave yang berada diperbukitan karst kabupaten Gunungkidul propinsi Yogyakarta ini sekarang menjadi tempat favorit para wisatawan baik dari kota Yogyakarta maupun dari luar kota seperti Semarang, Solo, Klaten, Jakarta, Surabaya hingga luar pulau Jawa seperti Pontianak, Palembang dan lain sebagainya.Namun disisi lain apakah masyarakat tahu misteri sejarah tentang obyek wisata ini atau asal muasal penamaan cave tersebut? Pastinya sebagian besar masyarakat jarang yang mengetahui.Berikut kami rangkum beberapa mitos yang beredar di masyarakat lokal, serta informasi bagaimana dulunya tempat wisata ini hingga bisa menjadi tempat favorit liburan wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja.

Sejarah Gua Pindul :
1. Kisah Ki Joko Singlulung
2. Tahun 2010 Gua ini diresmikan sebagai Tempat wisata
3. Mitos Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan
4. Mitos Stalaktit Puting
5. Mitos Stalakmit Jantan

Shang Hyang Antaboga

Kisah Ki Joko Singlulung

Dulu mitos ini sebenarnya banyak yang beredar di masyarakat lokal.Kisah tentang seorang anak yang tengah mencari Ayahnya, yang bernama Joko Singlulung mulai dari menyusuri sungai, hutan dan goa untuk mencari ayahnya. Nah ketika sampai di salah satu Gua, pipi Ki Joko terbentur dinding gua dan mengalami bengkak.Setelah itu masyarakat sekitar menamai gua tersebut Pindul dari muasal nama jawa pipi gebendul ( dalam bahasa indonesia arti gebendul adalah bengkak karena terbentur )

Gambar Kunjungan Ibu Bupati di Goa Pindul

Tahun 2010 Goa ini resmi dibuka sebagai tempat wisata

Dahulu gua ini tidak terawat sama sekali dan sungai yang mengalir melewati gua sering digunakan masyarakat setempat untuk mandi.Banyak sekali kekelawar yang bersarang di cave ini.Pada awalnya banyak mahasiswa pencinta alam sering menyusuri gua ini, akhirnya masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau biasa disebut POKDARWIS dibantu oleh mahasiswa KKN mulai mengolah lokasi ini untuk menjadi tempat wisata susur sungai dan gua dengan mengunakan ban, kegiatan ini biasa disebut dengan cave tubing.Hal ini direspon oleh pemerintah daerah dengan diresmikan langsung oleh Almarhum Bapak Sumpeno Putro yang pada saat itu sebagai Bupati Gunungkidul.Gua ini diresmikan tepatnya tanggal 10 Oktober 2010 dan akhirnya menjadi ramai setelah tersebar via blog-blog pribadi dan media sosial seperti twitter dan facebook.
.

Foto Ki Ageng Pemanahan


Mitos Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan

Untuk mitos ini kami tidak memberikan informasinya berhubung kedua tokoh diatas memang nyata dan merupakan leluhur serta tokoh penting asal mula kerajaan Mataram Jogja.Kami tidak mau membelokan atau turut serta menyebarkan mitos yang sedikit rancu tersebut.Takut kualat he..he.he..

Mitos Stalaktit Puting

Nah didalam gua kita akan menjumpai sebuah stalaktit yang meneteskan air, konon jika ada wanita yang tidak sengaja mukanya terkena tetesan air dari stalaktit tersebut wajahnya akan awet muda dan bersinar.

Mitos Stalakmit Jantan

Inilah keunikan dari cave favorit wisatawan ini, disini terdapat stalakmit yang menjulang dari dasar goa, nah konon jika pria memegang stalakmit tersebut akan menjadi lebih perkasa.

Itulah sejarah tentang Goa Pindul mulai dari asal muasal dan misteri mitos yang beredar.Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan tentang tempat wisata yang baru heboh ini.Selamat bercave tubing ya.

Bagi kawan-kawan yang ingin mencoba aktifitas adventure ini bisa langsung menghubungi kami di Pindul Adventure Park, tak hanya berwisata saja namun kami juga mengajak kawan-kawan untuk ikut program penghijauan kami di kawasan ini simak program sosial kami

About us Privacy Policy Sitemap Hubungi Kami
WISATA GOA PINDUL ADVENTURE PARK© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips
SEOCIPS Areasatu